Jumat, 14 Agustus 2009

HAI DI BEOGA




Beoga is my holly land artinya Beoga adalah tanah perjanjian, karena sebelum agama masuk di pedalaman beoga, orang Damal sudah mengenal ''Hai'' yaitu kehidupan yang bahagia di akhirat, dengan adanya kata Hai, maka mereka selalu mengajarkan kepada anak-anak mereka bahwa'' ''Emogol kawi amak-o oni ma neweagan nitere nahingam emogol kawi ara hin bemayo henonggo iuak jom-tom deyolitomo hagan nenan kal tagayotere'' artinya ada daun mera yang terbang dari daerah hilir menuju ke hulu, jadi dia akan kembali hilir untuk membawa kita ke Haiyogon(surga).

Hal ini merupakan suatu penglihatan oleh nenek moyang orang Damal, dengan adanya penglihatan tersebut, maka mereka secara turun-temurun mengajarkan Hai kepada setiap orang Damal agar mereka semua selamat dari kehidupan yang gelap.
Nilai-nilai yang di ajarkan dalam konteks Hai adalah jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan menginginkan harta sesama, dan saling mengasihi satu sama yang lain. Secara tidak sadar orang Damal menjalani 10 perintah Tuhan.
Anak-anak Damal mereka mengayati dan menjalani hai karena, mereka tahu bahwa nenek moyang mereka berjanji bahwa suati saat Hai akan datang dan kita semua akan di bawa ke Haiyogon (surga). Untuk masuk di Haiyogon orang Damal selau berupaya untuk menunjukan bahwa perjalanan mereka baik dan dijalani sesui dengan nilai-nilai Hai yang diajarkan oleh nenek moyang mereka. Orang Damal selalu yakin untuk masuk ke tanah perjanjian yaitu Haiyogon.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar